BRI Jadi Most Profitable Bank with Best GCG

Jakarta, CNBC Indonesia – Media ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia menggelar CNBC Indonesia Awards 2023 dengan mengusung tema ‘Maintaining Optimism Amid Uncertainty’. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada berbagai sektor usaha dan industri yang memiliki andil dalam membawa dampak positif terhadap kemajuan ekonomi tanah air.

Untuk kategori Most Profitable Bank with Best GCG, CNBC Indonesia Awards 2023 diberikan kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI). Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada BRI yang terus berkontribusi besar terhadap negara dan masyarakat melalui kebijakan berbasis prinsip ESG (environmental, social, governance).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin kepada Direktur Kepatuhan BRI, A. Solichin Lutfiyanto dalam CNBC Indonesia Awards 2023, Rabu (13/12/2023).

BBRI menerapkan prinsip-prinsip GCG dalam menjalankan bisnisnya yakni transparansi (transparency), akuntabilitas (accountability), tanggung jawab (responsibility), independensi (independency), serta kewajaran dan kesetaraan (fairness).

Konsistensi BBRI dalam menerapkan GCG sejalan dengan pencapaian kinerja keuangannya. Berdasarkan laporan keuangan perseroan pada kuartal III-2023, BBRI membukukan laba bersih secara konsolidasian senilai Rp 44,21 triliun sampai dengan periode September 2023. Raihan laba tersebut meningkat 12,47% secara tahunan (year-on-year/yoy).

Sejalan dengan kenaikan laba bersih, BBRI tercatat membukukan pendapatan bunga bersih senilai Rp 101,19 triliun dibanding tahun sebelumnya Rp 96,50 triliun. Sedangkan, secara bank only, pendapatan bunga bersih BRI mencapai Rp 81,79 triliun dibanding September 2022 senilai Rp 79,39 triliun.

Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) BRI naik 13,21% secara tahunan menjadi Rp 1.290,29 triliun. Dana murah alias CASA merupakan pendorong utama perolehan DPK yang berkontribusi sekitar 63,64% dari total DPK.

Dari sisi rasio kredit bermasalah atau Non-Performing Loan (NPL) BRI secara gross sedikit mengalami kenaikan menjadi 3,23% dibanding tahun sebelumnya 3,14%. Sedangkan, NPL net tercatat turun menjadi 0,73% dibanding tahun sebelumnya 0,87% dengan rasio NPL Coverage 228,65%.

Hal ini tentunya sesuai dengan GCG perseroan yang juga dapat mengendalikan tingkat kredit bermasalah, terutama dari sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Adapun, rasio permodalan alias Capital Adequacy Ratio (CAR) BRI terjaga di level 27,48% dengan rasio pinjaman terhadap simpanan atau Loan to Deposit Ratio (LDR) BRI berada di level 88,34% tak jauh berbeda dengan periode kuartal ketiga tahun sebelumnya 88,94%.

Untuk mendukung prinsip-prinsip GCG perseroan, BRI tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan laba saja, namun juga berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat, yang dilaksanakan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program-program tersebut bersifat memberdayakan dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya terhadap segmen UMKM.

BBRI yang berfokus pada segmen UMKM melaporkan pertumbuhan kredit di atas rata-rata industri per September 2023. Kredit UMKM bank pun melesat di tengah melambatnya kinerja industri.

Mengutip laporan perusahaan, per September 2023 BRI menyalurkan kredit Rp 1.250,7 triliun, naik 12,5% yoy. UMKM menyumbang 83,06% di antaranya atau Rp 1.038,9 triliun.

Pada September 2023, emiten bersandi BBRI ini mencatat kredit UMKM naik 11,01% yoy. Skala usaha menengah menjadi penopang pertumbuhan dengan kenaikan 30,1% yoy. Kemudian kecil dan menengah, masing-masing, naik 11,6% yoy dan 5,0% yoy.

BRI Juga Memberdayakan UMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting sebagai salah satu penyokong ekonomi Indonesia. UMKM memberikan potensi ekonomi yang begitu signifikan karena mampu menyerap tenaga kerja yang besar, dan memberikan peluang untuk menembus pasar Internasional.

Sebagai upaya nyata mendukung terwujudnya potensi tersebut, BRI kembali menyelenggarakan Brilianpreneur, yakni UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023.

Perhelatan Brilianpreneur 2023 mengusung tema Crafting Global Connection, yang mencerminkan ambisi dan komitmen BRI dalam mendorong pelaku UMKM untuk go international.

Di era yang serba global ini, UMKM layaknya turut mengikuti perkembangan dan membangun hubungan dengan seluruh dunia.

Ajang UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023 sendiri diselenggarakan sebagai bentuk sarana business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri, sehingga diharapkan mampu menumbuh-kembangkan pelaku UMKM go global dan meningkatkan ekspor nasional. https://ditanggung.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*